Tuesday, February 21, 2012

manfaat bahasa indonesia

bahasa indonesia sanget penting di gunakan dalam percakapan sehari hari, beberapa manfaat bahasa indonesia adalah:
a) sebagai alat komunikasi
b) sebagai alat integrasi dan adaptasi sosial
c) sebagai alat kontrol sosial
Salah satu manfaat terbesar belajar bahasa adalah untuk keperluan berkomunikasi. Kehidupan manusia tidak mungkin dilepaskan dari kegiatan berkomunikasi. Apa pun bidang kegiatan yang akan diterjuni seseorang, pastilah dia tidak bisa menghindar untuk tidak berkomunikasi. Apalagi di masa sekarang dan mendatang di mana alat-alat canggih untuk berkomunikasi—komputer, ponsel, dan lain-lain—tentu akan semakin dahsyat dan menakjubkan perkembangannya.

Berdasarkan fungsinya bahasa Indonesia dibagi menjadi 5 fungsi :
1. Ekspresi
Digunakan untuk mengungkapkan gambaran, maksud ,gagasan, dan perasaan.
2. Komunikasi
Sebagai alat berinteraksi atau hubungan antara dua manusia atau didalam masyarakat dan sehingga pesan yang dimaksudkan dapat dimengerti.
3. Kontrol Sosial / Tingkah Laku Masyarakat
Adanya tulisan “dilarang membuang sampah sembarangan” bahasa tersebut berfungsi sebagai pengatur atau pengontrol kehidupan bermasyarakat.
4. Adaptasi / Penyesuaian
Bila kita berada di wilayah atau daerah yang asing atau diluar ibu kota, kita dapat menggunakan bahasa Indonesia tersebut sebagai alat untuk adaptasi dengan lingkungan baru tersebut.
5. Pemersatu / Bahasa Nasional
Bahasa Indonesia digunakan sebagai penghubung bahasa-bahasa yang berbeda atau beraneka ragam dan dipersatukan oleh bahasa Nasional yang dapat dipakai di seluruh Indonesia yang menjadi satu kesatuan.
Sehingga sebagai bangsa Indonesia yang besar dan majemuk yang memiliki beraneka ragam suku dan budaya di seluruh wilayah yang memiliki ciri khas berbeda namun kita dapat dipersatukan dengan adanya prinsip “Bhineka Tunggal Ika” dimana mengandung pengertian, meskipun kita semua berbeda namun kita sebagai satu kesatuan bangsa, bahasa dan negara Indonesia yang berdaulat.


bahasa indonesia adalah bahasa resmi republik Indonesia, dan sebagai bahasa persatuan Indonesia. bahasa indonesia di resmikan setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Sedangkan di Timor Leste, bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja. Walaupun bahasa Indonesia sudah resmi menjadi bahasa Indonesia, tetapi masih banyak orang yang menggunakan bahasa daerah dalam bahasa sehari hari mereka. dahulu bahasa Indonesia di sebut sebagai bahasa melayu.




No comments:

Post a Comment